Pakar Kaspersky membongkar kampanye beresiko baru dan aktif yang mengeksploitasi ketertarikan publik pada AI shevaestate, bot obrolan, Elon Musk, dan aset kripto. Kini para penjahat dunia maya memanfaatkan popularitas target selanjutnya untuk mencuri data pribadi lewat aplikasi palsu dan situs situs phishing. Bahkan setelah beroleh informasi atau identitas korban, mereka bakal melanjutkan aksinya dengan panggilan telpon yang mendesak korban untuk menginvestasikan duwit dengan menjanjikan keuntungan tinggi.

Dalam mengeksekusi serangan mereka, para penipu online terus mencari cara inovatif dengan beradaptasi pada tren sosial dan teknologi sehingga mampu memikat penggunanya lewat penawaran yang menarik. Beberapa sementara lalu, pakar Kaspersky udah mendapatkan serangkaian aplikasi palsu yang mengeksploitasi topik terpanas sementara ini, layaknya AI, bot obrolan, aset kripto, dan tautan mengenai maestro teknologi Elon Musk di Google Play.

Pada aplikasi yang dianalisis tersebutlah, ditemukan bahwa dengan laksanakan investasi awal, anda bakal dijanjikan beroleh keuntungan harian sampai US$9.000 tanpa perlu keterampilan tehnis apapun dan menjamin pengalaman bebas risiko. Namun, kala korban mengunduh dan terhubung aplikasi, mereka bakal dimintai informasi pribadi layaknya nama, no telepon, dan email.

Aplikasi Investasi Palsu

Setelah isi dan mengirimkan informasi secara detail, nantinya bakal muncul sebuah pesan yang menyakinkan korban bahwa pendaftaran yang ditunaikan udah berhasil dan beri tambahan panduan kepada mereka untuk menunggu telpon berasal dari broker perwakilan dengan panduan lebih lanjut.

Dalam skenario yang hampir sama, penipuan termasuk biasanya ditunaikan dengan cara penerimaan telpon berasal dari penipu yang bakal beri tambahan informasi mendetail mengenai sistem investasi. Setelah itu, korban bakal diperintahkan untuk mentransfer duwit ke dompet penipu dan pasti saja secara tidak segera korban udah kehilangan uangnya sebab tidak pernah terima keuntungan yang dijanjikan. Tak cuma duwit yang dirampas, data curian yang diperoleh selama serangan ini termasuk mampu digunakan untuk target berbahaya.

Tak cuma lewat aplikasi palsu, peneliti Kaspersky udah mengidentifikasi halaman phising yang memanfaatkan teknik dan struktur mirip sehingga mungkin besar serangan phishing ini termasuk diatur oleh operator yang mirip didalam bertanggung jawab menyebarkan aplikasi palsu. Hal tersebut, tunjukkan bahwa penyerang di balik penipuan ini menerapkan metode yang banyak variasi dengan target sebanyak mungkin untuk beroleh sejumlah uang.

Melindungi Diri berasal dari Penipuan Investasi

“Para penipu online terus mengembangkan taktik mereka untuk mengeksploitasi tren dan teknologi terbaru. Dari aplikasi palsu sampai halaman phising, mereka memanfaatkan umpan dan desain menarik untuk menargetkan pengguna yang tidak menyimpan curiga. Dengan mendiversifikasi metode serangan mereka, penjahat dunia maya ini mempunyai tujuan untuk memaksimalkan potensi korban yang disasar. Sangat perlu bagi individu untuk tetap waspada, berhati-hati, dan berjaga-jaga pada ancaman yang tetap tersedia didalam lanskap digital,” ujar Igor Golovin, pakar keamanan di Kaspersky.

Pakar Kaspersky menyarankan beberapa cara untuk merawat diri berasal dari penipuan investasi:

  1. Berhati-hatilan pada tautan dan e-mail yang menyangsikan . Sebaiknya anda menghindari untuk mengklik tautan yang tidak dikenal atau mencurigakan, terlebih yang diterima lewat email, pesan, atau platform tempat sosial. Pastikan anda mengecek kebenaran sumber sebelum saat terhubung tautan atau lampiran apa pun.
  2. Berhati-hatilah dengan informasi pribadi . Kamu harus berwaspada dan menghindari teliti sensitif sementara beri tambahan atau membagikan informasi pribadi secara online, terlebih pada platform publik.
  3. Menggunakan perangkat lunak keamanan terkemuka . Kamu mampu menginstal perangkat lunak antivirus dan antimalware terkemuka di perangkat yang dimiliki. Selain itu, tetap mencermati perangkat secara teratur berasal dari potensi ancaman. Pastikan anda tetap memperbarui perangkat lunak keamanan yang dimiliki.
  4. Mengedukasi diri mengenai penipuan lazim . Informasi mengenai ancaman dunia maya yang terbaru, teknik phishing, dan taktik rekayasa sosial harus untuk anda ketahui sehingga menghindari penipuan umum. Selain itu, tetap berhati-hati pada keinginan atau penawaran yang mencurigakan, terlebih yang berharap informasi pribadi.Mempercayai insting sendiri. Jika udah punya perasaan tidak buruk atau tidak yakin pada suatu hal yang mencurigakan, anda harus mempercayai diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *